Organ tubuh manusia beserta fungsinya

Organ tubuh manusia beserta fungsinya -  Mungkin diantara teman-teman sekalian pernah mendengar atau pernah mendapatkan tugas sekolah tentang organ tubuh yang ada di dalam tubuh manusia dan apa saja fungsi masing-masing dari organ tubuh manusia tersebut. namun sebelum anda mengetahui apa saja organ tubuh yang dimiliki manusia dan fungsinya, lebih baiknya anda terlebih dahulu mengetahui pengertian akan istilah organ itu sendiri, sehingga saat kita ditanya oleh teman, guru atau muncul di pertanyaan kita bisa menjawabnya dengan baik dan benar.

Pengertian Organ adalah kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi.
Organ hewan secara umum mencakup jantung, paru- paru, otak, mata, lambung, limpa, pankreas, ginjal, hati, usus, kulit, uterus, saluran urin, tulang, dll.
Organ tumbuhan mencakup akar, batang, daun, bunga, dan buah beserta biji. Selain itu, terdapat pula organ-organ aksesori, seperti trikoma (rambut daun atau batang), duri, dan sulur, atau organ-organ penyimpanan cadangan makanan/penyintas (survival), seperti umbi, rimpang, dan stolon.
Sekelompok organ berhubungan secara fungsional menyusun sistem organ. Organel adalah analog organ untuk struktur sub-selular.

Setiap sistem dalam tubuh memiliki organ yang menghasilkan fungsi yang diperlukan bagi kehidupan. Setiap organ manusia terdiri dari jaringan yang memungkinkan fungsinya. Misalnya, protein disintesis di paru-paru yang sama sekali berbeda dari protein disintesis dalam hati. Sistem manusia termasuk pencernaan, saraf, kardiovaskuler, endokrin, limfatik dan fungsi pernapasan. Sistem ini mengandung organ utama yang menyediakan fungsi sehari-hari untuk mempertahankan hidup.
Paru-paru
Paru-paru adalah organ utama yang menyediakan pertukaran oksigen. Paru-paru mengandung bronkial alveoli kecil, yang merupakan tempat bagi penyerapan oksigen dan eliminasi dari karbon dioksida. Darah beroksigen ini kemudian dikirim kembali ke jantung untuk menyediakan jaringan dengan oksigen yang dibutuhkan. Paru-paru juga mengandung silia kecil yang mendorong benda asing keluar dari paru-paru. Hal ini menyebabkan batuk untuk menjaga paru-paru bersih dari bakteri, kotoran, dan asap. Merokok menyebabkan sel-sel ini akan mati, sehingga sulit bagi paru-paru untuk menghapus.
Limpa manusia
Limpa adalah kelenjar tanpa saluran (ductless) yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Limpa termasuk salah satu organ sistem limfoid, selain timus, tonsil, dan kelenjar limfe. Sistem limfoid berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat asing. Sel-sel pada sistem ini dikenal dengan sel imunokompeten yaitu sel yang mampu membedakan sel tubuh dengan zat asing dan menyelenggarakan inaktivasi atau perusakan benda-benda asing.
Jantung
Jantung adalah bagian dari sistem kardiovaskular bertanggung jawab untuk membawa darah ke berbagai jaringan dalam tubuh. Darah membawa oksigen sel darah putih, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jantung menerima darah terdeoksigenasi dari pembuluh darah dan memompanya ke paru-paru di mana sel-sel darah merah mengambil lebih banyak oksigen untuk pengiriman. Darah kembali ke jantung di mana memompa darah beroksigen ke seluruh organ dalam tubuh.
Mata manusia
Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Hati manusia
Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Perut dan Usus
Perut adalah organ utama yang memegang makanan dan mengirimkannya ke usus untuk pencernaan dan penyerapan. Pankreas dan kantong empedu menyediakan enzim yang telah menghancurkan isi perut, usus memberikan molekul kecil untuk penyerapan. Sistem pencernaan juga bertanggung jawab untuk penyerapan air yang paling dalam usus besar. Limbah metabolik kemudian dikirim ke usus besar dan dikeluarkan saat buang air besar.
Otak
Otak adalah pengontrol utama bagi tubuh manusia. Otak adalah bagian dari sistem saraf, yang mengirim impuls listrik ke tubuh untuk fungsi baik otonom dan voluntary. Otak membuat jantung memompa darah, memberikan otot kontrol voluntary, dan menyediakan memori dan pikiran. Otak juga menerima informasi sensorik seperti penglihatan, sentuhan, pendengaran, dan penciuman.
Ginjal
Ginjal merupakan bagian dari sistem endokrin. Organ-organ ini menyediakan sistem filtrasi yang diperlukan untuk sisa metabolisme dalam sel jaringan. Misalnya, nitrogen merupakan produk limbah dari katabolisme protein. Nitrogen adalah berbahaya bagi tubuh, sehingga ginjal membuang produk ini dari darah dan mengeluarkan dalam bentuk urea. Ginjal juga jalur penyerapan kembali air. Bahan bermanfaat seperti air dan natrium dikirim kembali ke tubuh dan limbah diekskresikan melalui fungsi ginjal di nefron.

Lambung Manusia
Lambung (bahasa Inggris: stomach; bahasa Belanda: maag) atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap. Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah Kardia, Fundus dan Pilorus.

Beberapa organ dan fungsinya tidak saya sebutkan dalam artikel ini, dikarenakan penjelasanya yang terlalu panjang.

Selain macam-macam organ dan fungsinya diatas, hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah organ adalah fungsinya dalam mendukung sistem yang berjalan dalam tubuh manusia.
Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.

Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Sistem Pada Tubuh Manusia

1. Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan. Terdiri atas ginjal, paru-paru (karbon dioksida), hati (racun) dan kulit (keringat).
8. Sistem Endoktrin

Sistem endoktrin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. Terdiri atas kelenjar tiroid, kelenjar hipofisa/putuitari, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu.

4. Sistem Peredaran / Transportasi

Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit, menyebar sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa ke luar tubuh. Terdiri atas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe.

9. Sistem Rangka

Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. Terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota badan atas dan bawah.

2. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan

Sistem pernapasan adalah sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.

3. Sistem Pencernaan

Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. Terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati dan pankreas.


5. Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Terdiri dari testis, ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.

7. Sistem Syaraf/ Sistem Saraf

Sistem saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. Terdiri dari otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf.


6. Sistem Otot

Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak, menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka.

Bagaimana sudah paham bukan apa saja Organ tubuh manusia beserta fungsinya, anda juga dapat membaca artikel kami sebelumnya yang terkait dengan penyakit, yakni: artikel penyakit lupus dan pengobatanya.

Artikel Terkait Organ